Thursday, January 3, 2013

Kenali Unsur Logam Yang Diperlukan Tubuh Kita



Zat Besi (Fe)
Zat besi berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan menghilangkan racun dari tubuh.Bila tubuh sampai kekurangan zat besi akan menimbulkan gejala-gejala kekurangan darah. Jika diperhatikan, orang yang kekurangan zat besi bagian bawah kelopak matanya akan berwarna pucat. Ia juga mudah lelah.Namun, zat besi juga dapat membahayakan kesehatan bila terlalu banyak diconsumekan. Penggunaan zat besi berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada hati dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat tembaga.
Untuk memperoleh zat besi yang cukup bagi tubuh, kita dapat menggunakan sumber makanan yang mengandungi zat besi seperti hati ayam, daging ayam, daging merah, ikan, dan kacang polong.
Jumlah yang cukup untuk keperluan tubuh, yaitu 8 sampai 18 miligram per hari.

Zinc (Zn)

Zinc berguna untuk mempertahankan kesuburan, memperkuat daya tahan tubuh, membantu dalam proses penyembuhan, dan mampu membantu tubuh agar menghasilkan sekitar 100 enzim yang diperlukan tubuh. Zinc juga berguna untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah timbulnya jerawat, mencegah kulit kering, dan membantu regenerasi kulit.
Karena Zinc dapat berfungsi untuk regenerasi kulit, kekurangan Zinc dalam tubuh dapat menyebabkan luka di kulit sukar sembuh. Zinc boleh didapat dari makanan seperti buncis, kacang-kacangan, keju, daging sapi, ayam, dan aneka ikan laut.
Jumlah yang dianjurkan agar jumlah zinc dalam tubuh mencukupi adalah 12 miligram per hari.

Mangan (Mn)

Merupakan zat logam yang penting untuk menjaga kesehatan otak, tulang, dan berperanan dalam pertumbuhan rambut serta kuku. Mangan juga diperlukan untuk membantu menghasilkan enzim yang berguna untuk metabolisme tubuh. Karbohidrat dan protein memerlukan mangan untuk dapat diubah menjadi energi yang kita gunakan sehari-hari.
Bila tubuh kekurangan mangan, protein dan karbohidrat tidak dapat diubah menjadi energi.

Akhirnya, terdapat penumpukan karbohidrat dan protein yang menimbulkan risiko diabetes, osteoporosis, rematik, dan kolesterol tinggi.
Namun jika berlebihan akan Menyebabkan kadar besi dalam tubuh menurun sehingga meningkatkan resiko terkena6 anemia, gangguan kulit, jantung, hati, pembuluh darah dan kerusakan otak. Selain itu, mangan yang berlebihan dapat mencegah penyerapan zat tembaga untuk tubuh.
Mangan dapat ditemui pada sumber makanan yang kaya protein dan karbohidrat seperti telur, kacang, sayuran berdaun hijau, dan daging merah. Mangan juga terdapat pada buah-buahan seperti stroberi, nanas, dan anggur.
Keperluan Mangan per harinya sekitar 5 mg.


Tembaga (Cu)

Tembaga memiliki fungsi Membentuk hemoglobin, kolagendan menjaga kesihatan saraf.
Jika tubuh kekurangan Tembaga akan menyebabkan anemia, radang sendi dan mudah lelah.
Namun jika kegunaannya melebihi dapat menyebabkan keracunan yang symtomnya ialah n muntah, pening, lemas, sakit perut dan diarrhea. Jika terjadi terus-menerus dapat menyebabkan sakit jantung dan kerusakan hati yang berakibat pada kematian.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan Tembaga antara lain Seafood, gandum, jagung, dan polong-polongan.
Dos yang dianjurkan 1,2 mg/hari.

Magnesium (Mg)

Magnesium Berperanan penting untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal dan otot.
jika tubuh kekurangan Magnesium Dapat menyebabkan serangan jantung, ginjal, darah tinggi dan serangan asma.

Namun jika berlebihan Dapat menyebabkan diarrhea.
Sumber makanan yang banyak mengandung Magnesium adalah Kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran berdaun hijau, gandum, jagung, dan tahu.
Dalam sehari tubuh memerlukan Magnesium sekitar 320 mg.



Ada sebab kenapa saya membuat entry mengenai keperluan unsur logam dalam badan.Ini adalah kerana saya ingin berkongsi dengan semua di luar sana mengenai kepentingan mengambil Ostematrix dan Advance Joint Tablet (keluaran terbaru Shaklee).Semua unsur logam diatas boleh diperolehi dari supplement shaklee.Baguskan shaklee ni?memenuhi keperluan pengguna ...ahaks...
apa tunggu lagi.

credit: Irnawati

------------------------------------------------------------
Saya adalah wakil Shaklee anda untuk penghantaran serata Malaysia. Hubungi saya di ibu.wawalawa@gmail.com atau 0192027007 untuk sebarang pertanyaan.

No comments:

Post a Comment